Tue. Jun 28th, 2022
Auto Draft

Seorang investor sangat penting dan perlu mengetahui cara membaca grafik saham dengan baik. Itu semua tentu saja tujuannya adalah untuk dapat memahami berbagai macam resiko dan juga keuntungan yang dapat diperoleh dari saham yang diinvestasikan.

Ada beberapa cara untuk dapat membaca grafik saham dengan benar. Semua hal itu diperlukan agar dapat mengetahui keuntungan dan juga kerugian yang bisa didapatkan seorang investor setelah menginvestasikan saham miliknya. Berikut adalah beberapa diantaranya.

 

Menggunakan Candlestick Chart

Saat akan membaca grafik saham, seorang investor seringkali menggunakan candlestick chart. Salah satu alasannya adalah karena penggunaannya lebih mudah dan selain itu, Anda juga akan sangat mudah untuk memahaminya. Hal tersebut tentu akan berguna.

Jika di line chart, Anda hanya akan melihat data-data harga ketika penutupan. Berbeda halnya jika menggunakan candlestick, maka tentu akan bisa diketahui data lengkap. Mulai dari harga pembukaan, penutupan dan juga harga tertinggi serta rendah dari suatu saham pada hari tersebut.

Auto Draft

Membaca Time Frame

Cara yang benar dalam membaca grafik saham adalah bukan hanya untuk memperhatikan arah-arah gerak atau naik dan turunnya sebuah saham. Namun, Anda harus lebih memperhatikan prime timenya juga. Prime time juga disebut sebagai kerangka waktu.

Anda bisa mengunjungi Yahoo atau Finance dan berbagai macam aplikasi trading lainnya. Pilih saja salah satunya untuk bisa Anda gunakan dengan baik. Kemudian setelah itu pilih dan gunakan untuk melihat salah satu saham dan perhatikan dengan seksama bentuk grafiknya.

Membaca Tren Harga

Saat membeli atau menjual saham, hal penting berikutnya yang bisa Anda lihat adalah tren harganya. Supaya bisa melakukan pemantauan terhadap pergerakan harga suatu saham dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa melakukan prediksi arah berikutnya harga akan melakukan pergerakan.

Setiap time frame mempunyai tren yang juga tidak sama. Suatu saham dapat juga tren harga hariannya mengalami penurunan. Namun, saat tren harga mingguannya bisa saja mengalami sideways. Namun, saat melihat tren harga bulannya justru mengalami penurunan.

 

Itulah ulasan singkat mengenai cara membaca grafik saham. Ada banyak sekali macam-macam hal yang harus dilakukan untuk dapat mengamati grafik saham sebuah perusahaan sekuritas dengan baik. Itu semu tentu perlu dilakukan dengan baik, supaya bisa menghasilkan hal baik juga.

Sumber: takeprofit.id