Mon. Sep 26th, 2022
Auto Draft

Tanaman angsana atau kerap kali pula disebut Sonokembang, merupakan tanaman kayu keras yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan bangunan dan meubel. Tapi tidak banyak yang tau kalau sebetulnya daun angsana sendiri banyak manfaatnya. Dan pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengupas khasiat daun angsana.

 

Mengenai Tanaman Angsana

Tanaman Angsana atau Sonokembang, diluar negeri lebih kerap disebut sebagai rosewood. Ini karena batang pohonnya yang seolah berlapis kemerahan. Seolah menyerupai kelopak bunga mawar yang mekar.

Tanaman dengan nama latin Pterocarpus indicus ini merupakan tanaman yang sudah sejak dulu dimanfaatkan kayunya untuk bahan bangunan dan meubel. Sifat kayunya yang kuat dan rona kemerahan yang cantik dari kambiumnya menjadikannya digemari.

Tanaman ini memiliki tinggi kisaran 30 meter dengan diameter batang mencapai 2 meter. Kulit kelabu dengan pola retakan yang tampak jelas menjadi ciri khas lain tanaman ini. Tanaman ini memiliki bentuk daun lonjong meruncing berukuran relatif kecil hanya sekitar 6 – 12 cm. Memiliki bunga dengan bentuk kecil berwarna kuning cerah dan buah unik berbentuk pipih berwarna hijau cerah.

Auto Draft

Khasiat Daun Angsana

Sebagaimana dijelaskan di atas, pembahasan kali ini akan fokus pada khasiat daun angsana untuk kesehatan tubuh manusia. Khasiat apa saja yang bisa Anda peroleh dari ramuan herbal yang menggunakan bahan daun angsana.

Meredakan peradangan kulit

Daun angsana memiliki efek anti peradangan dan anti infeksi, jadi akan bekerja sangat baik untuk membantu meringankan gejala infeksi dan peradangan pada kulit. Termasuk diantaranya mengatasi jerawat, eksim, psoriasis, luka, bisul, infeksi jamur hingga membantu mengatasi luka bakar.

Daun angsana dapat dilayukan dengan api kecil kemudian sedikit diremas remas sebelum kemudian digunakan sebagai kompres pada area peradangan. Lakukan terapi ini berulang untuk menuntaskan penyembuhan.

Mengatasi sariawan dan radang gusi

Sebagaimana khasiat daun angsana sebagai anti peradangan dan anti infeksi. Terapi dengan daun angsana juga bisa Anda terapkan pada infeksi di rongga mulut, seperti sariawan, radang gusi, amandel dan infeksi pada gigi.

Anda bisa mendapatkan khasiat daun angsana ini dengan merebus daun angsana hingga air rebusan berwarna hijau pucat. Diamkan hingga suam suam kuku lalu gunakan air rebusan tadi sebagai obat kumur. Pastikan area peradangan terpapar air rebusan dengan baik untuk memaksimalkan pengobatan.

Meredakan demam

Dalam daun angsana terkandung unsur antipiretik yang bersifat mengendalikan demam. Ini sangat baik membantu meringankan keluhan demam saat infeksi, baik itu infeksi ringan maupun berat.

Daun angsana bisa dikonsumsi sebagai air rebusan. Dapat Anda padukan dengan madu, gula batu atau gula aren sebagai pemanis. Daun angsana ini juga akan bekerja sebagai astringent yang memberi efek menenangkan dan meredakan panas dalam.

Menormalkan kondisi hormonal

Dalam daun angsana terkandung stigmasterol yang terbukti memiliki pengaruh baik pada fungsi endokrin. Ini akan efektif membantu memperbaiki fluktuasi hormonal yang abnormal.

Sehingga turut membantu menormalkan kembali kondisi kondisi tubuh terkait gangguan hormonal seperti memperbaiki imun tubuh, mengatasi jerawat, memperbaiki siklus haid, memperbaiki mood, memperbaiki metabolisme tubuh dan memperbaiki kesuburan.

Stigmasterol sendiri merupakan senyawa turunan organik yang secara medis sudah dimanfaatkan dalam proses pembentukan hormon progesterone sintetis. Ini sangat berperan dalam membantu mengatasi keluhan hipoprogesteron pada wanita subur.

Meredakan tegang dan nyeri

Khasiat daun angsana lain adalah sebagai anti nyeri dan anti spasmodik atau anti kejang. Ini sangat baik untuk meringankan keluhan nyeri sendi, meringankan keluhan sakit haid, kram perut, sakit kepala dan masih banyak lagi.

Terapi dengan daun angsana dapat dilakukan dengan mengonsumsi air rebusannya dengan rutin selama beberapa hari. Ini akan membantu meringankan keluhan nyeri dan mengatasi kejang otot.

 

Ada banyak lagi manfaat daun angsana yang belum kami uraikan disini. Karena rupanya ada demikian banyak khasiat daun angsana yang sayang untuk Anda lewatkan. Pastikan Anda memahami apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi ramuan daun angsana untuk kesehatan Anda.