Wed. Aug 10th, 2022
Auto Draft

Tahu kah kalian, ternyata jurnal ilmiah itu mempunyai beragam macam bentuk loh! Mau tau apa saja macam-macam jurnal ilmiah? yuk simak penjelasannya sampai habis.

Jurnal ilmiah umumnya hanya terkenal di kalangan dosen serta peneliti saja. Sebab merekalah yang sangat memahami dunia penelitian. Sedangkan kebanyakan dari masyarakat umum hanya sebagai penikmat dari hasil penelitian.

Perlu kalian ketahui sebenarnya jurnal ilmiah itu sebuah buku catatan harian yang kemudian dibuat laporan. Dimana catatan itu dibuat berdasarkan hasil penelitian, ataupun berlandaskan hasil kajian ilmiah. kedudukan jurnal ilmiah itu lebih bergengsi dan lebih penting dibanding dengan penulisan ilmiah akademik lainnya.

Karena jurnal itu bergengsi maka banyak dari kalangan dosen serta peneliti yang diharuskan untuk membuat jurnal ilmiah, namun sebelum kalian membuatnya pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui macam-macam jurnal ilmiah berikut ini.

Auto Draft

2 Macam Jurnal Ilmiah

Sebagai seorang akademisi menulis artikel jurnal ilmiah tentu suatu keharusan yang harus dilakukan, namun sebelum menulis jurnal ilmiah tentu kalian harus mengenal terlebih dahulu apa saja jenis atau macam jurnal ilmiah yang dapat dibuat.

1. Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian merupakan sebuah laporan penelitian. Artinya hasil penelitian yang sudah didapatkan lalu dipaparkan ke dalam tulisan yang berbentuk laporan. Perlu kalian ketahui, jurnal penelitian di Negara Indonesia untuk per tahunnya mengalami perkembangan yang positif.

Yaitu sekitar enam juta buah jumlah publikasi ilmiah dan sekitar 17.000 untuk jumlah jurnalnya. Angka ini tentu sangatlah besar, meski dibanding dengan Negara-negara lain, Negara Indonesia masih berada pada zona tidak aman.

2. Jurnal Online

Jurnal online bisa di artikel ke dalam dua sudut pandang. Yang pertama jurnal cetak yang kemudian di onlinekan. Artinya jurnal ini dapat diunggah dalam bentuk online. Biasanya jurnal yang di upload itu melalui website jurnal atau bisa juga melalui website institusi.

Kemudian sudut pandang yang kedua terhadap jurnal online yaitu dalam artian yang sebenarnya. Maksud dari sebenarnya yaitu jurnal online yang masuk pada urutan proses. Jadi terdapat proses dari penulis, lalu diproses oleh tim editor sebelum ke email/tim redaksi penerima jurnal online. Jika jurnal itu tidak lolos maka jurnal akan ditolak ataupun di perbaiki.

 

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai macam-macam jurnal ilmiah yang bisa kalian coba. Dan perlu kalian ketahui dalam menulis jurnal sebaiknya menulis jenis jurnal online karena jurnal ini memiliki kelebihan yaitu jurnal bisa disebarluaskan lebih luas secara online. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Artikel Jurnal Ilmiah; SINTA