Wed. Aug 10th, 2022
Auto Draft

Biaya pembuatan septic tank berbeda-beda tergantung bahan yang digunakan dan volume yang dibutuhkan. Untuk membuat septic tank bisa menggunakan bahan buis beton atau menggunakan septic tank biotech yang berbahan plastic. Tentunya harga keduanya juga berbeda. Untuk mengetahui perbedaan biaya membuat septic tank dengan buis beton dan biotech simak ulasan berikut:

 

Biaya Membuat Septic Tank dari Buis Beton

Pembuatan septic tank konvensional dengan buis beton memang lebih banyak dipilih. Sebab buis beton lebih kuat dan memiliki daya serap yang tinggi. Selain itu pengerjaan buis beton juga lebih efisien daripada menggunakan batu bata. Untuk membuat septic tank dengan buis beton ini ada beberapa rincian biaya yang harus diperhatikan, diantaranya.

Auto Draft

1. Biaya Material

Biaya membuat septic tank dengan buis beton memiliki rincian yang lebih banyak. Sebab material yang digunakan juga beragam. Material yang dibutuhkan diantaranya adalah buis beton, batu split, semen, pasir, baut pembuka, kayu kaso, besi beton dan papan kayu triplek. Untuk ukuran rumah tangga berikut ini adalah rincian harga yang harus dipersiapkan:

  • Buis beton dengan ukuran diameter 80-100 cm memiliki harga antara 250-300 ribu rupiah. Jumlahnya dapat disesuaikan dengan kedalaman septic tank yang dibuat.
  • Semen biasanya membutuhkan 5 sak dengan kisaran biaya Rp. 270.000
  • Batu split Rp. 250.000
  • Besi beton untuk satu septic tank membutuhkan 5 dengan harga Rp. 500.000
  • Kayu kaso RP. 20.000
  • Pasir membutuhkan satu mobil bak dengan harga Rp.400.000
  • Baut beton Rp. 25.000

Biaya di atas merupakan kisaran kasar biaya yang dibutuhkan untuk membeli material pembuatan septic tank. Harga dapat berubah-ubah namun untuk satu septic tank ukuran keluarga dengan penghuni 3-5 orang bisa menggunakan kisaran di atas. Kurang lebih jika ditotal akan membutuhkan dana 2 juta-an.

2. Biaya Kuli

Selain biaya material dalam membuat septic tank juga membutuhkan biaya kuli. Untuk pengerjaan septic tank ini biasanya dapat diselesaikan dalam waktu satu minggu. Untuk biaya kuli ini dibagi menjadi 2 yaitu tukang dan kuli. Harga standar yaitu 120 ribu tukang dan 100 ribu kuli maka dalam seminggu membutuhkan dana 1,5 juta.

 

Biaya Membuat Biotech Septic Tank

Untuk menghemat biaya dan waktu ada jenis septic tank lain yang bisa dipilih yaitu biotech septic tank. Septic tank ini memiliki teknologi yang lebih modern sebab memiliki filter yang dapat mengolah limbah menjadi lebih ramah lingkungan. Untuk harga septic tank ini ditentukan berdasarkan ukuran, warna dan model.

Septic tank jenis ini memiliki beragam variasi ukuran yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk ukuran rumah tangga dapat memilih kapasitas 500-800 liter. Untuk ukuran tersebut dibanderol dengan harga yang murah yaitu 2-3 juta.

 

Kelebihan Septic Tank Biotech

Septic tank biotech memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan septic tank konvensional termasuk septic tank dengan buis beton. Kelebihan tersebut tentunya bisa menjadi pertimbangan dalam memilih bahan septic tank. Berikut ini kelebihan yang dimiliki septic tank biotech:

  • Harga lebih terjangkau.
  • Memiliki filter yang dapat membuat limbah lebih ramah lingkungan.
  • Proses Pemasangan lebih mudah jika dibandingkan septic tank konvensional.
  • Awet dan tidak mudah bocor.

Itu tadi adalah perbedaan biaya membuat septic tank dengan buis beton dan biotech. Menggunakan septic tank biotech tentu memiliki harga yang lebih terjangkau serta lebih ramah lingkungan. Sebab septic tank ini memiliki filter yang tidak ada pada septic tank konvensional. Untuk mengetahui info lebih lanjut tentang septic tank biotech dapat mengunjungi web https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.