Tue. Jun 28th, 2022
Auto Draft

Emas menjadi salah satu hasil tambang yang jumlahnya dan lokasinya sangat banyak tersebar di Indonesia. Hal ini membuat Emas menjadi Sumber Daya Alam yang sangat berharga untuk bangsa Indonesia. Emas sendiri banyak digunakan sebagai alat untuk investasi dan juga perhiasan yang digunakan sehari-hari. Harga emas yang cenderung naik selalu menjadi hal yang dipertimbangkan ketika menjadikan emas sebagai alat investasi. 

Baca juga: indonesia mining company  atau Daftar Perusahaan Tambang di Indonesia

Hal ini membuat banyak Perusahaan Tambang Emas di Indonesia yang sudah sangat terkenal dan berhasil menemukan Emas dalam jumlah besar. Perusahaan ini tentu saja memberikan keuntungan pada Indonesia. Secara tidak langsung, hal ini membuat Indonesia diakui sebagai negara dengan cadangan Emas yang sangat banyak. Berikut adalah perusahaan Tambang Emas di Indonesia!

Auto Draft

Perusahaan Tambang Emas di Indonesia

Perusahaan Amman Mineral

Perusahaan Tambang terutama Jenis Emas di Indonesia  yang pertama adalah Amman Mineral yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Amman Mineral Nusa Tenggara, dan sudah ada pada tahun 1986. Tidak heran Perusahaan tambang yang satu ini sudah lama dan produksi emas yang dihasilkan selalu naik dan turun setiap tahunnya. Sejak diambil alih oleh Medco Energi dari Newmont, Amman Mineral berhasil memproduksi sebanyak 132.000 Ons Emas di tahun 2020. 

Tentu saja angka ini merupakan angka produksi yang sangat besar untuk Perusahaan Tambang Emas. Pada Tahun 2016, Amman Mineral pernah berhasil memproduksi sebanyak 801.000 Ons emas. 

Perusahaan Antam

Perusahaan Antam merupakan salah satu Perusahaan Tambang Emas di Indonesia dengan hasil produksi emas dalam jumlah besar selanjutnya. Perusahaan Antam juga termasuk ke dalam perusahaan Tambang yang sudah lama karena sudah berdiri sejak tahun 1968. Catatan cadangan Emas Antam pada di tahun 2018 adalah 19 ton. Antam memproduksi emas yang  berasal dari tambang di Pongkor dan Cibaliung dan berhasil mendapatkan angka produksi yang tinggi. 

Data terakhir yaitu pada tahun 2021, Antam berhasil memproduksi emas sebanyak 1690 Kilogram yang jauh meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Angka produksi ini berhasil membuat Antam sebagai salah satu perusahaan Tambang Emas dengan produksi emas yang sangat tinggi. 

PT Freeport Indonesia

Perusahaan Tambang Emas di Indonesia selanjutnya tentu saja salah satu perusahaan yang sudah sangat terkenal yaitu Freeport. Salah satu tambang emas yang terletak di Papua ini menjadi Perusahaan dengan angka produksi emas yang sangat tinggi. Puncak produksi emas Freeport adalah pada tahun 2018 dengan hasil 2.700.000 ons dan pada tahun yang sama Indonesia mendominasi saham Freeport. 

Berdasarkan data terbaru dari Freeport, untuk angka produksi tahun 2020 adalah 1.400.000 ons yang tentu saja masih sangat tinggi dibandingkan dengan perusahaan lain. Hal ini membuat Freeport menjadi salah satu perusahaan raksasa Tambang Emas di Indonesia. 

Baca Juga : 4 Manfaat Nikel dalam Kehidupan Sehari Hari

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki banyak sekali cadangan emas dan berperan besar untuk membantu Indonesia. Mulai dari Daerah di Maluku, Papua, Nusa Tenggara, Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan memiliki potensi Emas yang sangat besar. Tidak heran banyak perusahaan besar yang berhasil menemukan Emas di Indonesia dan membuat potensinya semakin besar. 

Informasi di atas merupakan referensi yang tepat ketika membicarakan Perusahaan Tambang Emas di Indonesia. Banyaknya perusahaan yang ada dengan semua cadangan dan potensi emas yang ada menjadi hal yang sangat baik untuk Indonesia karena memiliki salah satu sumber daya alam yang langka.