Mon. Sep 26th, 2022
Auto Draft

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, baik itu dapat diperbaharui maupun tidak dapat diperbaharui. Salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bahan tambang logam. Menariknya, daratan yang ada di Indonesia menyimpan bermacam-macam jenis logam yang melimpah. Namun, sumber daya logam tersebut sebaiknya digunakan secara bijak karena tidak dapat diperbaharui dan membutuhkan proses yang cukup lama dalam pembentukannya. Kira-kira logam apa saja yang ada di Indonesia ya? Simak informasi di bawah ini untuk mengetahuinya. 

 

Bahan Tambang Logam di Indonesia

Minyak Bumi

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak terbesar yang ada di dunia. Menurut Worldometer, Indonesia punya cadangan minyak yang jumlahnya mencapai 3.692 miliar barel dengan kapasitas produksi hingga 945.637 setiap harinya. Minyak bumi ini menjadi bahan utama dalam pembuatan beberapa komoditas  seperti bahan bakar dan juga minyak tanah. Selain itu, minyak bumi yang melalui proses penyulingan juga bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi pelumas, bahan bakar gas, parafin, dan juga aspal. Sumber daya minyak bumi bisa ditemukan di banyak tempat di Indonesia seperti Kilang Dumai di Riau, Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur, Kilang Kasim di Papua Barat, Kilang Cilacap dan Cepu di Jawa Tengah, serta Kilang Balongan di Jawa Barat.

Batu Bara

Selain minyak bumi, Indonesia juga menyimpan kekayaan alam lain yaitu batu bara. Menariknya, batu bara adalah sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik melalui PLTU. Indonesia sendiri menyimpan cadangan batu bara mencapai 25 miliar ton. Jumlah tersebut bisa digunakan sebagai cadangan energi hingga 243 tahun kedepan. Batu bara juga sering disebut sebagai bahan bakar fosil karena terbentuk dari proses endapan organisme yang mati dalam waktu jutaan tahun. Beberapa daerah di Indonesia yang menyimpan potensi sumber daya alam batu bara antara lain Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, dan Papua.

Auto Draft

Emas dan Perak

Bahan tambang logam yang dimiliki Indonesia tak hanya minyak bumi dan batu bara saja lho, tapi juga emas dan perak. Berbicara tentang tambang emas, daerah Papua menjadi penghasil tambang emas terbesar di Indonesia. Kawasan tambang emas terbesar di Papua ada di Tambang Grasberg yang berlokasi di Mimika, Irian Jaya, Papua Barat. Tak hanya di tanah Papua saja, potensi emas dan perak di Indonesia juga tersebar di daerah lain seperti Gunung Dompu di NTB, Gunung Pongkor di Jawa Barat, Martabe di Sumatera Utara, dan Sumbawa. Menariknya, emas termasuk dalam golongan logam mulia yang menjadi lambang kemakmuran bagi seseorang. Selain itu, emas memiliki nilai tinggi karena tahan korosi dan oksidasi, sehingga bisa digunakan sebagai alat pembayaran serta produk investasi.

Timah dan Tembaga

Indonesia juga terkenal sebagai penghasil tembaga dan timah. Tembaga umumnya dipakai untuk pembuatan kabel listrik dan peralatan untuk bahan perunggu. Kelebihan dari bahan  logam yang satu ini adalah mampu menghantarkan listrik dengan baik. Selain tembaga, ada juga timah yang sering dijadikan bahan campuran tembaga. Campuran antara timah dan tembaga menghasilkan perunggu yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai alat-alat rumah tangga. Kawasan yang memiliki tambang tembaga di Indonesia antara lain Papua, Sangkaropi Sulawesi Selatan, Wonogiri Jawa Tengah, Silungkang Sumatera Barat, Cikotok Banten, dan Pacitan  Jawa Timur. Untuk tambang timah sendiri ada di Bangka Belitung, Bangkinang, Sungai Liat, dan Dabo.

 

Kekayaan bahan tambang logam mulia di Indonesia memang tak terkira. Selain logam yang disebutkan di atas, Indonesia masih memiliki tambang logam lain seperti besi, nikel, alumunium, dan lain-lain. semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan Anda ya!

Selain itu, untuk informasi terkait berita terbaru perusahaan tambang nikel atau indonesia nickel mining, Anda perlu membaca berita di website